Sabtu, 09 April 2022

3.3.a.10. AKSI NYATA PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID


 Tugas 3.3.a.10 AKSI NYATA 
PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

STUDENT AGENT TIME

oleh: 
ANA TRIANA MAIYAH, S.Pd. M.Si.
CGP ANGKATAN 3 SMAN 2 KALIANDA
KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Pengajar Praktek: Fauzan, M.Pd.
Fasilitator: Dra. Wiwi Parluki, M.Pd.

PERISTIWA (FACTS)

1. LATAR BELAKANG

Sikap kepemimpinan adalah suatu sikap pribadi yang mampu mengembangkan potensi diri, mampu menempatkan diri serta mampu berfikir terbuka dan positif terhadap diri dan lingkungan. Adapun sikap kepemimpinan ini tidak hadir dengan sendirinya melainkan dibangun dan dibentuk oleh pilar-pilar pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Student Leadership (Kepemimpinan Siswa) merupakan upaya untuk membangun sikap kepemimpinan dalam diri siswa agar menjadi siswa yang bertanggung jawab, siswa yang dapat menjalankan perannya sebagai siswa serta siswa yang dapat mengembangkan potensinya sebagai seorang pribadi. Student leadership dapat dibangun melalui berbagai macam kegiatan. Salah satu kegiatan yang dapat dikembangkan adalah kemampuan berkomunikasi murid. Dengan memiliki kemampuan berkomunikasi murid akan lebih percaya diri dan mampu mengembangkan bakat kepemimpinannya. Student Agent Time adalah suatu program dimana ada sedikit waktu yang diberikan kepada murid sebelum kegiatan belajar mengajar, pada saat belajar maupun di akhir pelajaran di kelas secara bergiliran untuk menyuarakan pendapat maupun pemikirannya yang bisa berupa cerita motivasi, pengalaman ataupun kutipan positif yang diambil dari berbagai sumber.

Student Agent Time ini merupakan sebuah program yang juga dilatar belakangi oleh pengalaman seorang guru dari menonton film yang sangat edukatif seperti Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, dimana dalam kedua film tersebut menayangkan interaksi yang luar biasa antara guru dan murid-muridnya seperti guru yang selalu menstimulus sekaligus melatih murid-muridnya untuk berkomunikasi sehingga mereka bisa terampil dalam berkomunikasi yang merupakan salah satu aspek penting dalam mewujudkan membuat program yang berorientasi pada kepemimpinan murid. Selain itu, pengalaman para calon guru penggerak dalam mengikuti kegiatan dalam ruang kolaborasi dan lokakarya juga menjadi latar belakang dibuatnya program ini untuk membagikan pengalaman mereka pada murid-muridnya dalam berkomunikasi satu sama lain sehingga murid-murid pun merasa tergerak untuk melatih atau meningkatkan kemampuan dan rasa percaya diri mereka dalam berkomunikasi, terlebih pada saat tampil di depan umum. Program Student Agent Time ini diharapkan bisa menjadi salah satu metode untuk melatih kemampuan murid dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik, kemampuan literasi murid meningkat , menumbuhkan kepercayaan diri dan mempunyai daya lenting yang baik, sehingga apa yang menjadi harapan kita dalam sebuah program yang berorientasi pada kepemimpinan murid akan terwujud.

II. TUJUAN PROGRAM

Mengembangkan keterampilan berkomunikasi/ keterampilan berbicara Menumbuhkan minat murid dalam berliterasi Melatih keseimbangan, kesabaran dan pengarahan baik untuk dirinya sendiri maupun untuk teman-temannya di kelas Memgembangkan keterampilan berinteraksi secara positif menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh murid untuk terus bangkit di tengah kesempitan dan kesulitan Mengembangkan minat dan bakat murid dalam kegiatan lomba di Bulan Bahasa

III. KARAKTER LINGKUNGAN YANG DIKEMBANGKAN

Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif dan bijaksana.: ("Adanya dialoge motivasi diri ataupun bercerita pengalaman diri , memandu maidfullness atau ice breaking oleh salah seorang murid akan memberikan interaksi positif , arif dan bijaksana ").  Lingkungan yang melatih murid untuk menerima dan memahami kekuatan diri,sesama, serta masyarakat dan lingkungan di sekitarnyaLingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan ("Siswa dilatih kepemimpinan dan memahami kekuatan diri, orang lain dan lingkungan".) menindaklanjuti tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannyamelampaui pemenuhan kepentingan individu, kelompok, maupun golongan. (Dengan menyampaikan motivasi diri , bercerita, memamdu mindfullness dan ice breaking akan membuka wawasan bagi diri sendiri dan murid lainnya akan masa depan yang akan di raih ").

IV. KETERKAITAN ANTAR MATERI



V. RENCANA PERUBAHAN MODEL BAGJA




VI. RINGKASAN PROGRAM

Kegiatan ini akan di mulai setiap harinya pada jam ke 0, rangkaiannya antara lain: Program rutin terlebih dahulu yaitu mengaji dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, baru murid yang mendapat kesempakan pada hari itu untuk berorasi menyampaikan kalimat motivasi hari ini, pengalaman diri, atau pun sekedar cerita untuk membangkitkan semangat dan menumbuhkan kepercayaan diri. Kegiatan ini diberi waktu selama 3 menit saja Murid diberikan kesempatan untuk berbicara di depan kelas secara bergiliran setiap hari 1 orang, dan berulang kembali jika semua telah mendapatkan giliran untuk bicara. Murid saling menghormati dan mendengarkan saat temannya bicara didepan. Tidak boleh menjatuhkan teman karena ini bukan kegiatan debat. Diakhir salah satu murid berbicara didepan kelas, murid yang lain harus memberikan apresiasi dengan cara bertepuk tangan. Setelah kegiatan ini maka KBM pun dimulai. Kegiatan ini mulai saya lakukan sejak tanggal 22 Maret 2022. 



PERASAAN (FEELINGS)

Program ini baru berjalan 2 minggu, namun saya merasa senang karena telah tampak sedikit hasil pada murid yang diberi kesempatan maju pada hari yang lalu. Murid dapat konsisten dengan kesepakatan kelas yag telah disepakati sebelumnya. Dimana ada 3 kesepakatan utama yaitu 1. Saat murid ada yang sedang bicara di depan, maka murid yang lain harus diam, tidak bicara, dan tidak melakukan aktifitas lain, namun mendengarkan temannya bicara. 2. Tidak ada pertanyaan ataupun sanggahan saat salah satu murid bicara di depan. 3. Setelah murid bicara di depan maka murid lain harus memberikan apresasi berupa bertepuk tangan. Setelah kegiatan ini saya mewawancarai murid untuk menanyakan apa yang mereka rasakan dan apakah mereka menyukai kegiatan ini. Ternyata mereka menyukai kegiatan ini. 

PEMBELAJARAN (FINDINGS)

Saya menemukan hal menarik dalam melaksanakan program ini yaitu Diagram Y untuk VOICE, CHOICHE dan  OWNERSHIP untuk murid itu semua dapat terlihat dalam pelaksanaan program. Pada voiche atau suara murid, dalam kegiatan ini sangat didengar. Semua murid akan mendapat kesempatan sama untuk didengar suaranya. Dan semua murid wajib mendengar saat temannya mendapat giliran bicara di depan. Kemudian untuk choice atau pilihan murid, dalam kegiatan ini murid dapat memilih tema apa yang ingin disampaikan. Tentunya kegiatan ini akan membuat meningkatnya kemampuan dan budaya literasi murid. Karena harapannya saat murid ingin bercerita didepan tentunya ia akan mencari terlebih dahulu hal-hal menarik yang ingin ia sampaikan kepada teman-temannya melalui buku-buku ataupun cerita positif lainnya dari internet.

Hal menarik lainnya yang saya temukan pada kegiatan ini adalah saat murid yang biasanya pendiam dan jarang bicara mendapat kesempatan bicara di depan dan ternyata ia mampu. Terkadang penilaian kita terhadap murid tenyata dapat melebihi ekspektasi kita. Ada beberapa murid yang ternyata mampu menyampaikan ajakan positif tentang pembiasaan, cara bersyukur kepada Sang Pencipta, dan hal-hal positif lainnya yang tidak kita pikirkan sebelumnya jika ternyata mereka mampu dan bisa untuk berbicara hal-hal tersebut. Dari program ini saya yakin dapat menumbuhkan kepemimpinan murid dan meninggikan daya lenting mereka. Kegiatan ini pada prinsipnya adalah dari murid, oleh murid dan untuk murid. 

PENERAPAN KEDEPAN (FUTURE)

Program ini adalah program yang baru saya temukan berdasarkan perbincangan dengan teman saya sesama CGP dari SMAN 2 Kalianda, dan pada awalnya program ini di maksudkan untuk dilaksanakan pada semua jenjang kelas baik X, XI dan XII karena kami yakin program ini dapat membawa perubahan yang besar pada kepemimpinan murid jika dilaksanakan secara konsisten dan rutin. Namun setiap program tentunya ada saja kendalanya. Dikarenakan program ini tidak tercetus saat awal tahun ajaran baru maka yang baru kami lakukan adalah ujicoba penerapannya pada kelas yang kami ajar terlebih dahulu. Jika sekiranya hasilnya ternyata baik maka kegiatan ini dapat mulai dijadikan pembiasaan rutin mulai tahun ajaran baru 2022-2023 ini.

Berikut ini adalah tayangan video dari aksi nyata program yang berdampak pada murid dengan judul program STUDENT AGENT TIME, Dalam video ini kami juga telah menyempatkan untuk melakukan refleksi dari hasil monitoring program. Data yang kami peroleh itu melalui wawancara dengan murid yang telah mendapatkan kesempatan untuk bicara di depan kelas. Berikut videonya: 


Demikian paparan saya mengenai program ini, semoga dapat bermanfaat. Akhirkata saya ucapkan terimakasih dan tetap semangat untuk melakukan perubahan menuju pendidikan yang lebih baik bagi seluruh Guru Penggerak di Indonesia.
 
(AnaTa)

Jumat, 29 Oktober 2021

RPP Biologi Berdiferensiasi

 

RPP BIOLOGI BERDIFERENSIASI
TUGAS MODUL 2.1.a.5. 



CGP                :
Ana Triana Maiyah, S.Pd. M.Si.
Pendamping : Fauzan
, M.Pd.
Fasilitator     :
Dra. Wiwi Parluki, M.Pd.

 


Kasus


Bidang studi Biologi di Kelas XI Dalam Kompetensi Dasar yang harus dikuasai oleh murid adalah sebagai berikut:

3.6       Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dalam kaitannya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia

 

Adapun Tujuan Pembelajaran yang ingin dicapai salah satunya adalah:

 

Melalui kajian literasi, siswa dapat

1.       Merinci organ-organ penyusun sistem pencernaan makanan pada manusia

2.     Menjelaskan struktur sel, jaringan, dan organ penyusun sistem pencernaan makanan serta mengaitkan dengan fungsinya.

3.       Menjelaskan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia


Setelah mendiskusikan dengan murid-muridnya, menemukan bahwa
siswa memiliki ketertarikan yang berbeda. (Diferensiasi Minat)

1.       Ada yang tertarik melakukan kajian literasi melalui browsing google untuk melihat video Youtube tentang sistem pencernaan.  

2.       Namun ada juga yang maunya menggunakan torso daripada hanya melihat video.

3.       Dan ada juga siswa yang mau melakukan wawancara langsung dengan petugas perawat atau dokter untuk bertanya mengenai kelainan dan gangguan pada sistem pencernaan manusia

Untuk penugasan ada siswa yang ingin menyajikan hasil kajian literasi dalam bentuk:  (Diferensiasi Produk) 1.    catatan/laporan saja (auditori), 2.    ada yang maunya gambar saja (visual), 3. namun ada juga yang maunya bicara di depan kelas saja (kinestetik).

 Berdasarkan diferensiasi minat tersebut maka dibuatlah RPP sebagai berikut: 

  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
 

Sekolah                        : SMAN 2 Kalianda

Mata Pelajaran             : Biologi

Kelas/Semester           : XI / Ganjil

Materi Pokok               : Sistem Pencernaan Manusia

Alokasi Waktu             : 2 Jam Pelajaran @25 Menit

 

A.     Kompetensi Dasar

3.6 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dalam kaitannya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia

4.6 Menyajikan laporan hasil uji zat makanan yang terkandung dalam berbagai jenis bahan makanan dikaitkan dengan kebutuhan energi setiap individu serta teknologi pengolahan pangan dan keamanan pangan

 

B.     Tujuan Pembelajaran :

     Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

1.       Menjelaskan struktur sel, jaringan, dan organ penyusun sistem pencernaan makanan dan mengaitkan dengan fungsinya.

2.       Menggunakan torso untuk mengenali tempat  kedudukan alat dan kelenjar pencernaan  serta fungsinya melalui kerja kelompok.

3.       Mengumpulkan data informasi kelainan-kelainan yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia dari berbagai sumber sebagai tugas mandiri dan melaporkan dalam bentuk tertulis.

4.       Menyajikan hasil analisis kelainan dan gangguan sistem pencernaan makanan pada manusia dari browsing internet.

 

C.     Sumber Belajar

·         Buku Biologi Siswa Kelas XI

·         Internet

·         Narasumber

 

 

D.    Model Pembelajaran : Discovery Based Learning

 

E.    Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan (5 Menit)

Ø  Guru membuka pelajaran dengan melakukan kegiatan awal rutin. Berdoa.

Ø  Pembelajaran diawali dengan Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Ø  Guru menanyakan materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya tentang Makanan Pokok (mengaitkan materi) (Apersepsi)

Ø  Pembelajaran akan diawali dengan pertanyaan Apa yang menyebabkan kita merasa kenyang setelah makan? Mengapa setelah makan kita merasa mengantuk?  Murid yang paling cepat menjawab dengan benar akan mendapatkan poin.

Ø  Setelah  ada siswa yang menjawab (walaupun belum ada yang benar, misalnya) maka guru akan mengajak siswa melakukan refleksi singkat dengan menanyakan:  

ü  Apakah mereka tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang sistem pencernaan manusia?

ü  Apa yang ingin kamu ketahui lebih banyak dari sistem pencernaan manusia? Dan apa alasannya?

ü  (Dengan memberikan kesempatan pada murid untuk memberikan pendapat dan saran, guru dapat membangun koneksi dan rasa percaya).

 

Kegiatan Inti

Kegiatan 1 (10 menit)

Lakukan kegiatan think--write--share

Ø  Berikan murid instruksi dan waktu untuk menuliskan   (misalnya dalam bentuk mind-map) apa saja yang mereka ketahui tentang sistem pencernaan manusia. Pastikan guru memberikan waktu untuk mereka berpikir (wait time), saat ini kita berharap murid melakukan review atas apa yang telah mereka pelajari pada Bab sebelumnya.

Ø  Setelah  itu,  minta  beberapa  murid  untuk  membagikan  apa  yang  telah mereka tulis.

Ø  Berikan apresiasi bagi usaha yang telah mereka lakukan untuk mengingat kembali pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya bukan pada yang menjawab benar saja.

Ø  Guru   akan   menggunakan   hasil   pekerjaan   murid   untuk   memetakan kebutuhan belajar murid untuk mendapatkan gambaran Scaffolding yang akan dilakukan oleh guru selama proses KBM.

Ø  Guru menjelaskan kegiatan selanjutnya kemudian membagi siswa berdasarkan gaya belajar Auditori, Visual dan Kinestetik

 

Kegiatan 2  Discovery Sistem Pencernaan Manusia (20 menit di Kelas)

Diferensiasi Proses dan Konten

1.       Siswa dengan kelompok auditori melakukan eksplorasi konsep dengan melakukan kajian literasi dari google dan buku pelajaran

Yuk Mengenal Sistem Pencernaan Manusia;

https://tambahpinter.com/sistem-pencernaan-manusia/

Sistem Pencernaan Manusia: Sebuah Perjalanan Panjang: Tahukah kamu bahwa proses pencernaan makanan di dalam tubuh jauh lebih panjang dibandingkan kegiatan makan itu sendiri?

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/sistem-pencernaan-manusia-sebuah-perjalanan-panjang

2.       Siswa kelompok visual menggunakan media Video Pembelajaran Biologi | Sistem Pencernaan pada Manusia untuk eksplorasi konsep

https://youtu.be/3kqU1b0Ifl8

3.       Siswa kelompok kinestetik melakukan eksplorasi konsep dengan mengamati torso manusia dan membandingkannya dengan materi sistem pencernaan manusia dari buku ataupun google

4.       Dalam proses kegiatan ketiga kelompok tersebut diperbolehkan saling bertukar informasi dan saling mempelajari hasil discovery masing-masing.

Diferensiasi Produk

5.       Hasil dari proses discovery kelompok auditori dibuat dalam bentuk tulisan artikel yang kemudian akan di pajang di mading kelas

6.       Hasil dari proses discovery kelomok visual dibuat dalam bentuk gambar yang kemudian akan di pajang di mading kelas

7.       Hasil dari proses discovery kelompok kinestetik dibuat dalam bentuk laporan lisan yang dapat disampaikan di depan kelas

 

Kegiatan 3 – Kelainan-kelainan yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia (10 menit di Kelas-Penugasan)

1.          Murid  akan  bekerja  dalam  kelompok untuk  mendiskusikan informasi kelainan-kelainan yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia

2.     Guru dapat mengelompokkan murid  berdasarkan pemetaan kebutuhan. murid berdasarkan gaya belajar.

§  Kelompok murid yang menyukai untuk melakukan kajian literasi melalui browsing diperbolehkan menggunakan Hp sebagai sarana literasi.

§  Kelompok murid yang menyukai untuk bereksplorasi dengan torso manusia maka disediakan torso manusia dan buku-buku biologi untuk digunakan sebagai pembanding.

§  Kelompok murid yang ingin melakukan wawancara dengan narasumber misalkan perawat dll, dipersilahkan untuk membuat daftar pertanyaan terlebih dahulu yang bisa dituliskan setelah melakukan kajian literasi tentunya. Kemudian dibuatkan surat penghantar dari guru untuk dapat dipergunakan sebagai izin melakukan kegiatan wawancara. Kegiatan wawancara ini dilakukan dengan narasumber perawat/dokter yang memiliki hubungan kekeluargaan dengan murid dan lebih mengutamakan pertanyaan seputar kelainan atau gangguan pada sistem pencernaan manusia dan cara pencegahannya.

3.          Berikan pertanyaan berikut untuk memandu proses berpikir mereka:

1.          Apakah penyakit Maag itu berbahaya?

2.          Bagaimana  pencegahan dan cara mengatasi gangguan lambung?

 

4.          Membagikan lembar kerja berdiferensiasi (Diferensiasi Produk) yang berisikan tentang panduan penugasan sebagai berikut:

1.   Untuk siswa auditori tugasnya adalah membuat artikel tentang sistem pencernaan manusia kemudian artikel akan di pajang di mading kelas

2.       Untuk siswa Visual, tugasnya membuat poster tentang penyakit/gangguan lambung atau tentang sistem pencernaan manusia

3.       Untuk siswa Kinestetik tugasnya adalah membuat laporan kerja dalam bentuk PPT atau portofolio untuk disampaikan di depan kelas.

5.       Guru bersama-sama siswa menetapkan waktu pengumpulan tugas

Penutup -  5 menit

Sebagai penutup pembelajaran, minta murid melakukan refleksi. Pertanyaan pemandu berikut dapat digunakan untuk memandu proses refleksi murid.

1)      Apakah bagian yang paling menarik dari pembelajaran hari ini ? Mengapa?

2)   Berdasarkan apa yang telah kalian pelajari, menurut kalian, Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan?

Berikan apresiasi atas semua usaha murid sepanjang mempelajari materi ini.

F.      Lembar Penilaian:

Sikap : Observasi terhadap sikap komitmen murid dalam mengikuti proses penelitian dan menyerahkan atau mengirimkan tugas.

Pengetahuan : Menunjukkan pengetahuan tentang memahami Sistem Pencernaan Manusia

Keterampilan : Membuat produk berupa Poster, Artikel dan Laporan/portofolio

G.    Strategi dan Alat Penilaian:

Penilaian Sikap

- Strategi: Observasi

- Alat penilaian : catatan

 

Aspek

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Sikap

Observasi selama kegiatan belajar

Catatan dalam Jurnal guru

Pengetahuan

Penugasan :Tugas Kelompok

Rubrik penilaian Tugas Kelompok

Keterampilan

a)    Observasi

Daftar ceklis keterampilan

b)  Produk

Rubrik penilaian hasil produk

  

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP PADA KEGIATAN KELOMPOK

No

Nama

Aspek yang dinilai

Jumlah skor

Nilai

Disiplin

Tanggung jawab

Kerjasama

Teliti

Kreatif

Peduli lingkungan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan: Skor 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, dan 1 = kurang.

 

INSTRUMEN PENILAIAN DIRI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI

Topik materi : Sistem Pencernaan Manusia

Nama            :………………………….

Kelas             :…………

 

Setelah mempelajari sistem pencernaan manusia, Anda dapat melakukan penilaian diri dengan cara memberikan tanda (V) pada kolom yang tersedia sesuai dengan kemampuan.

No

Pernyataan

Sudah memahami

Belum memahami

1

Memahami organ-organ penyusun sistem pencernaan manusia

 

 

2

Memahami enzim-enzim yang berperan dalam kerja sistem pencernaan manusia

 

 

3

Memahami mekanisme kerja lambung dan usus halus dalam penyerapan makanan

 

 

4

Memahami struktur lambung dan usus halus

 

 

5

Memahami gangguan dan kelainan pada sistem pencernaan manusia

 

 

6

Memahami cara pencegahan diri dari gangguan lambung

 

 

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN PRODUK

Jenis produk: Poster sistem Pencernaan dan Artikel sistem Pencernaan

No

Nama

Aspek yang dinilai

Jumlah Skor

 

Nilai

Kesesuaian dengan isi materi

Kerapihan

Keindahan

Kreativitas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan: Skor 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, dan 1 = kurang.

 

 

Mengetahui                                                                  Kalianda,  Oktober 2021    

            Kepala SMAN 2 KALIANDA                                            Guru Mata Pelajaran

    

                                   

             HERWANSYAH, S.Pd.                                               A NA TRIANA MAIYAH, S.Pd. M.Si

             NIP.19740121 199603 1 001                                            NIP. 19751220 200012 2 002

 

3.3.a.10. AKSI NYATA PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

 Tugas 3.3.a.10 AKSI NYATA  PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID STUDENT AGENT TIME oleh:  ANA TRIANA MAIYAH, S.Pd. M.Si. CGP ANGKATAN 3 SMAN 2...